Tips Merawat Laptop Dengan Baik


Laptop bukanlah barang asing atau barang baru.Karena sekarang ini harga laptop yang ditawarkan juga semakin murah serta terjangkau.
Di tambah lagi dengan merebaknya cafe nongkrong yang dilengkapi dengan fasilitas internet gratis WiFi semakin menambah gaya hidup (lifestyle) pemiliknya.Laptop merupakan tren yang sedang naik daun yang mana pada dasarnya dimana laptop mulai di anggap tren setelah salah satu pembawa acara (host) di televisi yang sedikit kampung atau ndeso menggunakan media laptop sebagai bahan untuk pertanyaannya bintang tamunya,siapa lagi kalau bukan tukul.Namun adakalanya setelah anda mempunyai sebuah laptop,anda juga harus memperhatikan dan merawat laptop kesayangan anda supaya daya tahan pemakaiannya juga bisa bertahan lama bahkan sampai bertahun-tahun.Pada postingan kali ini saya akan memberitahukan kepada anda tips-tips bagaimana cara merawat laptop kesayangan anda dengan baik dan benar.Berikut langkah-langkahnya:

1. Yang harus diperhatikan dalam merawat laptop adalah bahwa laptop jangan sekali-kali anda samakan dengan komputer desktop, walaupun dengan spesifikasi yang sama namun untuk laptop kalau bisa jangan sampai di gunakan berjam-jam atau seharian penuh layaknya kita menggunakan komputer desktop, karena dari sisi desain dan peruntukkannya memang berbeda, kalau desktop memang didesain digunakan berjam-jam kalau laptop didesain untuk pekerjaan yang mengharuskan kita mobile dan bersifat mendesak atau tidak mengenal tempat untuk bekerja.Kalau ada komputer desktop ada baiknya lebih baik menggunakan komputer desktop untuk pekerjaan kantor.

2. Agar laptop dapat awet pastikan laptop selalu pada kondisi yang aman dari panas,ventilasi aliran udara kipas yang bagus dikarenakan laptop sangat rentan terhadap debu dan panas, banyak masalah laptop yang terjadi dikarenakan masalah panas ini. Jangan gunakan laptop di tempat tidur atau tempat yang memiliki permukaan yang lembut dikarenakan permukaan yang lembut mengakibatkan ketika laptop diletakkan diatasnya akan menutup aliran udara pada bawah laptop sehingga laptop akan menjadi panas karena tidak ada aliran udara.Ini juga berpengaruh kepada kerusakan pada kipas laptop maupun hardisk laptop.Selain itu jangan juga menaruh laptop di lantai,karena permukaan lantai yang sedikit kasar juga dapat merusak dan menggores permukaan bawah laptop anda serta kipas juga dapat menyedot debu-debu yang terdapat pada lantai.

3. Agar baterai dapat awet untuk pemakaian yang lama dan kecenderungan listrik stabil tidak mati hidup,lebih baik baterai dilepaskan saja agar baterai tidak diisi terus oleh listrik, dan jangan paksakan baterai dalam kondisi habis benar kalau sudah hampir habis pastikan laptop dimatikan atau segera dicharge jangan sampai menunggu mati sendiri karena kehabisan batere. Kalau bisa ketika mencharge dalam kondisi mati dan apabila sudah penuh segera dicabut, biasanya laptop memiliki indikator lampu yang dapat kita gunakan sebagai tanda penuh atau tidaknya baterai sebuah laptop.

4. Gunakan cover atau pembungkus laptop (tas laptop) agar laptop tidak rusak karena terbentur apabila dibawa.Usahakan cover maupun tas laptop agar sesuai dengan ukuran laptop anda,karena tas atau cover yang sedikit sempit pun juga dapat menggores permukaan laptop.Begitu pun sebaliknya,tas yang terlalu kebesaran dari ukuran laptop nya juga dapat tergoyang-goyang karena ruang yang kosong pada tas tersebut,dan dapat berakibat membuat hardisk anda terkocok-kocok dan rusak.Selain itu juga pastikan ketika membawa jangan sampai kegencet karena tas yang penuh, ini dapat merusak LCD anda.

5. Gunakan software-software yang aman dari virus agar kita tidak selalu dipusingkan dengan install ulang dikarenakan selalu kena virus. Selalu gunakan anti virus yang baik serta sering di update.

6. Jaga baik-baik master program bawaan dari laptop anda karena apabila hilang akan susah bagi anda untuk mencari driver-driver laptop anda tersebut.

7.Gunakan screen protector untuk melindungi layar lcd anda dari debu dan sinar ultra violet.

8. Gunakan pelapis keyboard yang terbuat dari karet silicone untuk melindung keyboard anda dari debu, cairan tumpah dan lain sebagainya.

9. Gunakan skin laptop untuk melindungi permukaan laptop anda goresan-goresan.Biasanya skin laptop tersedia dengan berbagai ukuran serta pilihan gambar yang banyak sesuai dengan keinginan anda.

10. Bersihkan laptop anda baik itu keyboard, lcd maupun permukaan laptop anda dengan kain yang lembut secara rutin minimal seminggu sekali.Hal ini bertujuan untuk membersihkan debu-debu yang melekat pada laptop anda.

11. Apabila keyboard anda kemasukan debu,gunakan vacum cleaner yang dikhususkan untuk elektronik yang bertujuan menyedot debu tersebut.Biasanya vacum cleaner tersebut langsung di colokkan ke port USB.Apabila tidak dibersihkan akan dapat menghalangi tuts keyboard pada saat di pencet,dan juga dapat berakibat fatal keyboard anda rusak.

12. Apabila keyboard anda ketumpahan cairan segeralah bersihkan dengan kain yang lembut,setelah itu keringkan dengan hair dryer.

13. Jangan mematikan laptop langsung dengan mencabut baterainya,hal ini dapat merusak tekanan pada laptop dan juga dapat merusak processor,maupun hard disk anda.

14. Apabila laptop anda terdapat kerusakan,jangan sekali-sekali anda membukanya sendiri atau berusaha membetulkannya sendiri.Lebih baik serahkan dan servicelah ke tempat resmi dimana anda membeli laptop tersebut.Ada baiknya langsung service ke tempat service center dari laptop anda.

15. Jangan meletakkan benda-benda diatas permukaan laptop,karena tekanan yang diberikan dari benda tersebut dapat merusak komponen-komponen laptop anda.

16. Selesai

Sumber : http://thomp.blogdetik.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Merawat Laptop Dengan Baik"

Posting Komentar