Ekstensi Browser yang Wajib Dipasang Demi Keamanan Kamu Sendiri

Hasil gambar untuk browser icon

Ekstensi Browser yang Wajib Dipasang Demi Keamanan Kamu Sendiri -
Browsing saat ini sudah menjadi hal yang tak bisa lepas dari kehidupan kita setiap hari. Di internet kita bisa menemukan berbagai informasi yang dapat kita manfaatkan demi kebutuhan kerja, pendidikan, hiburan, bahkan untuk membeli barang-barang lewat berbagai toko online. Tapi kamu tahu nggak sih bahwa banyak website yang kamu kunjungi memiliki "tracker" di dalamnya?

Tracker ini mampu memantau kegiatan browsing kamu. Misalnya website apa saja yang sering kamu kunjungi, hal-hal apa saja yang sering kamu cari lewat kolom search, melihat keterangan usia dan jenis kelamin kamu, bahkan melihat profil media sosial yang kamu punya. Serem kan? Biasanya mereka melakukan hal ini untuk mengetahui gaya hidup kamu dan menampilkan iklan-iklan yang sesuai dengan ketertarikan kamu.

Tapi jangan khawatir, kali ini Jaka mau kasih kamu browser extension yang bisa bikin kegiatan browsing kamu lebih aman dengan menghalau trackers itu. Nih dia 5 browser extension yang harus kamu pasang demi keamanan kamu.

1. Adblock Plus
Extension ini mampu mem-block segala jenis iklan yang ada. Seperti iklan pada website, Facebook, iklan Youtube, serta ancaman malware dan trackers yang mampu melihat kebiasaan browsing kamu. Menggunakan extension ini juga dapat menghemat bandwith dan penggunaan data. Sehingga kegiatan browsing kamu semakin cepat, aman, dan hemat.

2. uBlock
Seperti Adblock Plus, extension ini mampu mem-block seluruh iklan yang ada dalam kegiatan browsing kamu. Bahkan yang terdapat di halaman search engine seperti Google. Dengan extension ini, kamu nggak akan lagi melihat iklan bertebaran di website-website yang kamu kunjungi, atau ketika kamu mencari informasi. uBlock juga ringan dijalankan sehingga tidak membebani RAM dan prosesor kamu.

3. Disconnect
Extension satu ini bisa mem-block berbagai tracker seperti Google Analytics, menghilangkan berbagai iklan, serta menghilangkan tombol-tombol sharing media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Google Plus. Selain menghilangkan iklan-iklan yang menggangu, kecepatan browsing kamu juga akan meningkat 27 kali lebih cepat.

4. Ghostery
Pada dasarnya, extension ini mirip dengan Disconnect, namun dengan tampilan yang sedikit berbeda. Seperti Disconnect, kamu juga bisa memilih tracker mana yang ingin kamu block dan mana yang tidak.

3. Privacy Badger
Masih sama seperti Disconnect dan Ghostery, Privacy Badger juga mampu mem-block berbagai tracker ketika kamu melakukan kegiatan browsing. Bedanya, extension yang dibuat oleh Electronic Frontier Foundation (EEF)ini menggunakan algoritma khusus yang mampu menentukan tracker mana yang perlu di-block dan mana yang tidak.

4. HTTPS Everywhere
Extension ini mampu mengalihkan protokol website yang kamu buka dari http menjadi https yang lebih aman dan terenkripsi. Kamu juga bisa mem-block semua website yang tidak menggunakan protokol https.

5. Google Opt Out
Extension ini dibuat oleh Google untuk mencegah trackers yang dapat mengetahui demografi dan ketertarikan pengunjung website. Kamu tinggal install saja, lalu extension ini akan aktif secara otomatis. Extension ini hanya bisa digunakan pada Google Chrome.

Diposting oleh Servis laptop surabaya

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ekstensi Browser yang Wajib Dipasang Demi Keamanan Kamu Sendiri"

Posting Komentar