Spesifikasi Laptop untuk Design Grafis 3D dan 2D

Spesifikasi Laptop untuk Design Grafis 3D dan 2D. Gamerindo ingin sharing bagaimanakah spesifikasi laptop yang nyaman digunakan untuk design grafis 3D maupun 2D, atau untuk menjalankan program-program berat lainnya. Spesifikasi sebuah laptop bukan hanya terpaku pada seberapa canggih Processor yang digunakan. Demi mendapatkan kenyamanan yang maksimal, seluruh komponen juga harus mendukung. Hardware pendukung lain yang perlu diperhatikan adalah GPU, Memory, Storage, ukuran dan ketajaman layar. Tidak berhenti sampai di situ, Merk juga sangat mempengaruhi kualitas sebuah laptop atau notebook. Karena Merk yang bagus mengusung kualitas mainboard yang baik pula. Berikut ini saya akan berbagi spesifikasi laptop dan komponen laptop apa saja yang perlu di lihat.

Spesifikasi Laptop untuk Design Grafis 3D dan 2D

Spesifikasi Laptop untuk Design Grafis 3D dan 2D

MERK

Merk mempengaruhi kualitas motherboard, baterai, monitor dan komponen pendukung lain pada laptop (Selain komponen utama). Dengan selisih harga antara 100 sampai 300 ribu jangan korbankan kualitas dengan jumlah dana yang sangat sedikit tersebut. Usahakan pilih merk terbaik, agar mendapatkan laptop yang berkualitas. Jadi, jangan salah pilih merk.

PROCESSOR
Untuk laptop sebaiknya anda memilih Processor Intel. Karena, lebih tahan terhadap panas dari pada merk pesaingnya. Tetapi jika Anda memiliki budget yang minim, AMD boleh menjadi pilihan. Pilih yang memiliki processor seri Core i3 ke atas dengan kecepatan 2,5 Ghz. Untuk AMD pilih seri APU untuk mobile. Jangan membeli laptop dengan seri processor di bawahnya, yaitu Intel Pentium Dual Core ke bawah.

RAM (Memory)
Untuk komponen ini pilih yang memiliki kapasitas RAM 4 Gb (kalau bisa). Kalau tidak bisa, boleh yang 2Gb. Kenapa boleh yang 2 Gb, karena Memory adalah salah satu komponen yang bisa di upgrade. Biasanya sebuah laptop memiliki 2 buah slot dan biasanya yang diisi hanya satu slot. Jadi Anda memiliki 1 buah slot memory yang kosong. Anda bisa menambahkan memory di slot kosong tersebut. Tetapi yang perlu Anda perhatikan adalah spesifikasi Memory yang sudah ada pada laptop, jangan sampai membeli RAM dengan spesifikasi berbeda dari memory yang sudah ada, karena akan berakibat fatal.

GPU (Graphic Processing Unit)
Pilih laptop yang dilengkapi dengan Chipset Graphic dari NVidia atau Ati Radeon. Usahakan yang memiliki memory 1 Gb ke atas. Kalau bisa lagi yang memiliki interface DDR5. GPU dengan interface DDR5 memang memiliki harga yang lumayan mahal. JAdi jika dana Anda cukup minim pilih saja GPU dengan interface DDR3, sudah cukup untuk menjalankan program dan game berat saat ini.

HDD (Hard Drive)
Untuk HDD cari yang memiliki kapasitas 380 Gb ke atas. Kalau bisa pilih HDD merk ternama. Komponen ini juga dapat di upgrade, artinya di ganti dengan HDD yang memiliki kapasitas yang lebih besar. Kalau Anda ingin mendapatkan performa yang paling maksimal, ganti dengan storage SSD, kecepatan transfer data Anda bisa mencapai 4 x lipat daripada jika Anda menggunakan HDD.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Spesifikasi Laptop untuk Design Grafis 3D dan 2D"

Posting Komentar