Cara Mengatasi Port USB yang Tidak Terdeteksi pada Laptop

Hai kawan, jumpa lagi dengan saya lagi. dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi port USB yang tidak terdeteksi pada laptop. Kawan-kawan sendiri sering mengalami kejadian ketika laptop kawan-kawan mengalami kerusakan pada bagian port USB bukan. Kawan-kawan pasti kesal buka ketika port USB pada laptop kita rusak dalam arti tidak terdeteksi, padahal kita sudah berulang kali menyolokkan port USB ke slot yang telah disediakan. Yang perlu diingat adalah apakah memang terjadi kerusakan pada port USB kita atau hanya kesalahan teknis saja yang terjadi yang merupakan hal sepele. 

Dalam melakukan pengecekan cukup mudah. Di bawah ini akan saya sampaikan bagaimana cara mengatasi port USB yang tidak terdeteksi pada laptop, sebagai berikut. Jika port USB memang tidak mendeteksi seluruh perangkat yang sudah dihubungkan, kawan-kawan coba saja untuk melakukan pengecekan. Langkah pertama yang harus kawan - kawan lakukan yaitu memastikan apakah port USB yang tidak berfungsi hanya satu atau semuanya. Langkah kedua yaitu setelah kawan-kawan mengetahui hanya satu port USB yang bermasalah atau semua port USB, maka memang keseluruhan port USB tidak berfungsi karena port USB di dalam pengaturan BIOS masih diatur disable (tidak aktif). Untuk mengaktifkannya caranya cukup mudah.
  1. Yang perlu kawan-kawan kerjakan adalah dengan merestart laptop
  2. Ketika kawan-kawan melakukan proses POST (Power On Self Test), maka langsung saja tekan tombol “Del” pada keyboard kawan-kawan, ini dengan tujuan untuk menampilkan pengaturan BIOS.
  3. Apabila sudah tertampil, maka masuk ke bagian Power Management
  4. Kemudian kita pilih “Enable” pada port USB
  5. Selesai
Yang perlu diperhatikan oleh kawan-kawan, apabila yang terjadi kerusakannya berbeda, yaitu hanya satu atau beberapa port USB saja yg tidak berfungsi dan yang lain masih bisa berfungsi, maka kemungkinan disebabkan adanya listrik statis pada perangkat laptop kawan - kawan sehingga USB yang tidak dapat mendeteksi perangkat. Untuk mengatasi hal tersebut, matikan dulu laptop kawan-kawan, lalu cabut semua perangkat listrik yang sudah terhubung dengan laptop kawan-kawan. Diamkan dulu sejenak lalu kawan-kawan bisa menghidupkan laptonya kembali.

Hanya itu saja kawan yang bisa saya sampaikan lewat artikel saya ini, semoga bermanfaat ya kawan. Jika kawan-kawan mengalami kerusakan pada port USB laptopnya dan tidak bisa memperbaiki, kawan-kawan bisa menggunakan jasa Servis Laptop di Surabaya, karena di perusahaan tersebut sudah didukung dengan sumber daya manusia yang berkualitas, jadi hasilnya bisa terjamin.
Terima kasih sudah berkunjung di blog kami..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengatasi Port USB yang Tidak Terdeteksi pada Laptop"

Posting Komentar